Seluk Beluk Budidaya Ikan Lele, Mulai Dari Modal Hingga Untung Yang Bisa Didapatkan!

Written by Dagum on February 21, 2021 in LIP with no comments.

Ikan ini bisa di olah menjadi berbagai macam olahan yang sangat bermanfaat sesuai daerah tertentu. Ada yang menggunakan cara beternak ikan lele di kolam terpal dan ada pula yang menggunakan tambak ikan khusus yang berukuran besar. Penghasil ikan lele yang paling terkenal ialah daerah Lamongan. Larva ikan lele yang berkualitas biasanya memiliki berukuran panjang 5-7 cm.

BBPBAT mengembangkan ikan lele sangkuriang karena kualitas lele dumbo yang saat ini beredar di masyarakat semakin menurun dari waktu ke waktu. Benih ikan lele bisa kita dapatkan dengan cara membeli atau melakukan pembenihan ikan lele sendiri. Untuk membuat pembenihan sendiri silahkan baca cara pembenihan ikan lele dan Depo E-money teknik pemijahan ikan lele. Perawatan kolam dengan sistem aquaponik dapat menggunakan dinding kolam atau galon atau bak plastik ini adalah salah satu hal penting dalam cara budidaya ikan lele untuk pemula. Ikan lele merupakan salah satu ikan air tawar yang paling banyak diminati khususnya oleh masyarakat Indonesia.

Bagaimana cara berternak lele

Pemberian pakan tambahan sangat menolong menghemat biaya pengeluaran pakan yang menguras kantong. Apabila kolam kita dekat dengan pelelangan ikan, bisa dipertimbangkan pemberian ikan rucah segar. Ikan rucah adalah hasil ikan tangkapan dari laut yang tidak layak dikonsumsi manusia karena ukuran atau cacat dalam penangkapannya. Keong mas dan limbah ayam bisa diberikan dengan pengolahan terlebih dahulu. Kemudian pisahkan daging keong mas dengan cangkangnya, lalu dicincang.

Di harapkan sehari sebelum pemanenan ikan lele tidak perlu di beri makan agar saat lele di panen tidak mengeluarkan kotoran. Memperhatikan lokasi hidup ikan lele, suhu yang baik untuk budidaya ikan lele adalah pada suhu C. Jangan terlalu rendah, karena akan mengganggu proses pencernaan makanan pada ikan lele. Sedangkan, bila suhu terlalu tinggi, pencernaan makanan akan berlangsung cepat.

Induk lele dumbo hasil perbaikan ini, diberi nama Lele Sangkuriang. Induk lele Sangkuriang merupakan hasil perbaikan genetik melalui cara silang balik antara induk betina generasi kedua dengan induk jantan generasi keenam . Induk betina F2 merupakan koleksi yang ada di Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi yang berasal dari keturunan kedua lele dumbo yang diintroduksi ke Indonesia tahun 1985. Sedangkan induk jantan F6 merupakan sediaan induk yang ada di Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi. Induk dasar yang didiseminasikan dihasilkan dari silang balik tahap kedua antara induk betina generasi kedua dengan induk jantan hasil silang balik tahap pertama . Itu akan memudahkan ikan lele beradaptasi dengan lingkungannya.

Untuk pakan ikan lele yang baik adalah jenis pakan yang mengutamakan Food Convertion Ratio lebih kecil dari satu. FCR ialah rasio dari jumlah pakan berbanding dengan pertumbuhan daging. Semakin kecil nilai FCR maka semakin baik kualitas pakan tersebut. Langkah awal sebelum kita melakukan pemebaran benih ikan lele, yang harus dilakukan ialah dengan mengeringkan kolam terlebih dahulu. Waktu yang dibutuhkan antara 3-7 hari atau dapat bergantung pada dampak sinar matahari yang mempengaruhi lahan tersebut. Untuk ikan lele sendiri, metode ini memiliki kekurangan tersendiri.

Comments are closed.