Proses Pendidikan Akhlak Anak Yatim Usia Remaja Pada Lingkungan Keluarga Di Desa Baruas Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua

Written by Dagum on July 1, 2020 in Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap with no comments.

Tidur singkat ini berlangsung 30 menit hingga 2 jam setiap sesinya. Pada usia 9 bulan , sekitar % bayi mulai bisa tidur di malam hari tanpa terbangun. Terakhir, tahap perkembangan keluarga akan masuk kategori usia lanjut saat suami-istri telah pensiun hingga salah satunya meninggal dunia.

Tahap perkembangan keluarga ini dimulai saat anak pertama memutuskan keluar dari rumah orangtua. Oleh karena itu, orangtua bertugas membantu anak untuk mandiri sambil menata kembali peran mereka di dalam rumah tangga dengan anggota keluarga yang masih ada. Obsesi remaja dalam meng-gunakan facebook juga dapat dipengaruhi oleh orang lain atau lingkungan sekitar.

Namun kondisi saat ini sulit untuk mendapatkan model ethical yang berperilaku sesuai dengan nilai ethical, sehingga Anak/Remaja tidak memiliki acuan yang tepat agar dapat berperilaku yang dapat diterima secara ethical dan norma sosial. Penalaran moral Anak/Remaja menjadi salah satu kebutuhan penting sebagai pedoman menemukan identitas dirinya, mengembangkan hubungan pribadi yang harmonis dan menghindari konflik peran yang terjadi dalam masa transisi . Orang yang bertindak sesuai dengan moral adalah orang yang mendasarkan tindakannya atas penilaian baik buruknya sesuatu. Pada rentang umur ini dalam perspektif psikologis, yaitu anak yang berumur 10 sampai dengan 22 tahun berada dalam tahap perkembangan remaja. Santrock membagi tugas perkembangan remaja menjadi remaja awal (10-13 tahun) dan remaja akhir (18-22 tahun), serta masa pubertas .

Membagi waktu pada anak remaja

Meski demikian, jangan lupa menyempatkan diri untuk sedikit bersantai, karena jika tidak, kamu akan cepat merasa jenuh dengan hari-harimu. Meski telah menjadwalkan kegiatan dengan baik, seringkali kamu masih memiliki waktu luang di antara jadwal kelas. Jika kamu ingin hidup dengan lebih teratur, kamu dapat memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mencicil tugas kuliah atau melakukan kegiatan bermanfaat seperti membaca buku. Selain itu, di universitas biasanya sering diadakan seminar atau workshop dengan pembahasan yang berguna untuk menambah wawasan dan keterampilan.

Hal ini dapat membuatnya rendah diri atau minder saat ingin melakukan sesuatu, khususnya di depan orang banyak. Setiap ibu memiliki strategi yang beragam untuk mengatur waktu. Anda pun mungkin harus mencoba beberapa cara sebelum menemukan strategi yang tepat.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui hal mana yang menjadi prioritas untuk kamu lakukan terlebih dulu. Belajar untuk disiplin sangat diperlukan untuk mendorong tugas atau pekerjaan agar lebih maju. Untuk menjadi lebih produktif dalam pekerjaan, kamu harus menentukan skala prioritas dari pekerjaan kamu.

Selanjutnya, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk memeriksanya kembali setelah semuanya selesai dikerjakan. Jika bekerja di depan layar komputer, biasakan untuk selalu fokus dan mengerjakan apa yang menjadi tugas Anda dengan baik. Hindari godaan untuk membuka berbagai jendela yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda sehingga pekerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu.

Bahkan, jika PR anak terlalu banyak, waktu belajar mereka bisa saja lebih dari dua jam. “Idealnya waktu belajar sebetulnya efektifnya ya, maksimal banget itu dua jam,” tegas psikolog anak dan remaja dari RaQQi – Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi saat berbincang dengan detikHealth. Istirahat yang cukup akan membantu Anda belajar secara efektif dan efisien. Jangan sepelekan hal ini, karena jika Anda belajar dalam kondisi mengantuk tentu belajar akan jadi percuma. Pelajaran tidak akan diserap baik dalam kondisi otak yang cukup. Terbiasa mengatur waktu belajar akan membantu Anda mengatur prioritas hidup yang lebih penting.

Comments are closed.