Kode Etik Kedokteran Indonesia

Written by Dagum on February 23, 2021 in LIP with no comments.

Terdapat 6 kata yang perlu kita hindari dari prinsip hidup orang profesional. COA adalah sebuah badan independen yang bertugas memeriksa pengeluaran oleh badan-badan pemerintah di Filipina. Auditor pemerintah memiliki kekuatan dan otoritas untuk memeriksa, mengaudit, dan memperbaiki semua akun terkait pendapatan dan pengeluaran milik pemerintahan. Urgensi hadirnya auditor pemerintah semakin jelas terlihat di masa kini. Kejahatan saat ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan bawah, namun juga kalangan atas yang berpendidikan. Kejahatan yang dilakukan oleh masyarakat yang memiliki posisi dan wewenang yang cukup tinggi ini disebut dengan istilah white collar crime.

Namun, sebagian sosiopat mungkin dapat menjalin hubungan dengan orang lain yang memiliki pemikiran mirip dengan pemikirannya. Ciri-ciri kepribadian tertentu dapat diturunkan oleh orang tua melalui gen. Oleh karena itu, jika seseorang memiliki anggota keluarga yang menderita sosiopat atau gangguan kepribadian lainnya, kemungkinannya untuk menderita gangguan kepribadian antisosial akan lebih besar. Bila tidak dilakukan pemeriksaan menyeluruh karena keadaan Link Kong4D tidak memungkinkan, Psikolog menjelaskan keterbatasan yang ada, serta melakukan langkah-langkah untuk membatasi implikasi dari kesimpulan atau rekomendasi yang dibuatnya. Kontribusi minor dalam penelitian dan penulisan yang dipublikasikan harus diakui dengan benar, hingga pada catatan kaki dan kata pengantar. Mahasiswa atau orang yang dibimbing tetap harus didaftar sebagai pengarang atau anggota tim pengarang bila publikasi tersebut merupakan karyanya.

”Berbagai survei dan studi kasus telah mengidentifikasikan integritas atau kejujuran sebagai suatu karakteristik pribadi yang paling dihasrati dalam diri seorang pemimpin. Dalam praktiknya, profesi dan kompetensi merupakan dua hal berbeda yang saling berkaitan satu sama lain. Persamaan mendasar antara profesi dan kompetensi adalah sama-sama membutuhkan pengetahuan dan keterampilan individu dalam proses implementasinya. Di samping itu, baik profesi maupun kompetensi sama-sama memiliki kaidah dan standar moral yang mengikat setiap pelakunya. Di sisi lain, perbedaan antara profesi dan kompetensi terletak pada masing-masing karakteristik dari keduanya. Menurut Thomas Aquinas, keadilan adalah kebiasaan untuk memberikan kepada orang lain apa yang menjadi haknya berdasarkan kebebasan kehendak.

Bagaimana untuk selalu mempunyai sikap profesional

Intergritas ini akan semakin kokoh jika si pemimpin memiliki konsistensi antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan dan memiliki komitmen terhadapnya. Bila tidak memiliki integritas, kita akan kehilangan kredibilitas karena orang lain akan menjauhi kita untuk menghindari kekecewaan. Sikap yang teguh mempertahankan prinsip , tidak mau korupsi, dan menjadi dasar yang melekat pada diri sendiri sebagai nilai-nilai moral. Jika disimpulkan, ketia poin mengenai keterampilan tersebut berhubungan dengan faktor eksternal dan faktor inside (bagaimana upaya meningkatkan kemampuan diri untuk meningkatkan mutu kerjanya. Keterampilan kerja dalam membangun hubungan antara atasan dengan bawaha.

Selama memberikan layanan psikologi dalam keadan darurat, psikolog yang belum memiliki kompetensi yang dibutuhkan dan atau Ilmuwan Psikologi perlu segera mencari psikolog yang kompeten untuk mensupervisi atau melanjutkan pemberian layanan psikologi tersebut. [newline]Dalam menjalankan peran forensik, selain memiliki kompetensi praktik psikologi sebagaimana tersebut di atas, Psikolog perlu mengenali peraturan-peraturan hukum sehubungan dengan kasus yang ditangani dan peran yang dijalankan. Ilmuwan Psikologi memberikan jasa dalam bentuk mengajar, melakukan penelitian dan atau intervensi sosial dalam area sebatas kompetensinya, berdasarkan pendidikan, pelatihan atau pengalaman sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Apabila terdapat masalah etika dalam pemberian jasa dan atau praktik psikologi yang belum diatur dalam kode etik psikologi Indonesia maka Himpunan Psikologi Indonesia wajib mengundang Majelis Psikologi untuk membahas dan merumuskannya, kemudian disahkan dalam sebuah Rapat yang dimaksudkan untuk itu. Psikolog dan atau Ilmuwan Psikologi memahami bahwa kejujuran dan ketidakberpihakan adalah hak setiap orang. Oleh karena itu, pengguna jasa dan atau praktik psikologi tanpa dibedakan oleh latarbelakang dan karakteristik khususnya, harus mendapatkan layanan dan memperoleh keuntungan dalam kualitas yang setara dalam hal proses, prosedur dan layanan yang dilakukan.

Comments are closed.