Efektif, Ini 10 Cara Agar Bayi Cepat Tidur Pulas

Written by Dagum on June 20, 2020 in Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap with no comments.

Menurut dr. Yovita Ananta, Sp.A, MHSM, IBCLC, Dokter Spesialis Anak Konsultan Laktasi RS Pondok Indah, tidur siang dibutuhkan anak untuk mengistirahatkan fisik dan otak anak. Siklus tidur anak tidak hanya bergantung pada cahaya, suhu juga berpengaruh. Biasanya setelah usia 3-5 tahun anak-anak cenderung tidak tidur siang.

Saat itu, waktu tidur bayi anda di siang hari sangat tak terprediksi. Rasa kantuknya bisa muncul dalam interval yang tak beraturan dan waktu tidur bisa beberapa menit saja hingga beberapa jam. Agar waktu beristirahat di malam hari tidak terganggu, batasi waktu tidur siang maksimal 2 jam saja. Agar hubungan tetap romantis, jumlah istirahat yang harus dicukupi untuk setiap orang dewasa adalah 7-8 jam sehari.

Sinar matahari dan udara segar sangat baik untuk buah hati. Menurut hasil studi 2010 yang dipublikasikan dalam Journal of Family Psychology, semakin perhatian ibunya terhadap bayi, semakin mudah si kecil untuk tidur. Kalau buah hati bangun di malam hari dan mulai menangis, timang atau elus punggungnya. Sering kali balita menolak untuk tidur siang karena menganggap tidak akan ada waktu bermain lagi nanti. Namun, karena anak tetap perlu untuk istirahat, maka Moms harus memberikan pengertian padanya. Jelaskan bahwa setiap kegiatan punya waktunya masing-masing.

Cara agar anak mau tidur siang

Dari sisi fisik, tidur siang akan memberi kesempatan tubuh untuk mendapat energi baru yang penting untuk perkembangan. Kamu dan bayi mengalami sesuatu yang baru untuk pertama kalinya bersama, dan perlu waktu untuk terbiasa dengannya. Ingat, tidur itu sangat penting bagi kamu dan tentu saja untuk menunjang pertumbuhan bayi yang sehat. Ingatlah bahwa Anda melakukan pekerjaan yang luar biasa, bu. Enam bulan pertama memang sangat sulit tetapi tetaplah bertahan.

Namun, anak-anak lain terus membutuhkan tidur siang hingga tahun-tahun awal sekolah. Jika Mom menemukan bahwa anak terus menunda waktu tidur atau anak mengalami kesulitan tidur malam, bisa jadi masalah tidur siang mereka. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak tidur siang. Ada baiknya Anda mengetahui kebutuhan tidur bayi Anda terlebih dahulu. Biasanya selama dua bulan pertama, bayi baru lahir lebih sering menyusu hampir setiap 2 jam sekali. Jika Anda aktif menyusui kebutuhan makan akan melebihi kebutuhannya untuk tidur dan mungkin sedikit lebih jarang jika Anda menyusu dengan botol.

Tujuannya agar anak dalam keadaan bersih dan dapat tidur dengan nyaman dan tenang. Bunda dapat mengenali tanda-tanda Si kecil lelah, ketika ia mulai rewel, mengusap-usap mata, dan terlihat ceroboh dalam beraktivitas. Jika Bunda melihat tanda-tanda tersebut, segera ajak anak kekamarnya dan bujuk dia untuk tidur.

Comments are closed.