Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Untuk Pemula

Written by Dagum on February 23, 2021 in LIP with no comments.

Nah, kalau begitu apa saja yang perlu kita perhatikan dalam beternak ikan lele agar berhasil? Berikut kami akan kupas beberapa cara praktis untuk beternak lele. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk memulai bisnis ikan lele, Anda hanya perlu menyiapkan modal sekitar 2 jutaan saja. Dengan modal tersebut, Anda bisa mendapatkan sebanyak 2000 ekor lele yang bisa mencapai 500 kg saat dipanen. Tapi perlu diingat jika pengeluaran ini hanya terjadi saat Anda baru memulai bisnis ternak lele.

Bahkan, saking higienis-nya air kolam lele pun bisa langsung diminum. Selain itu, sistem pernapasan ikan lele menggunakan labirin, yang berarti bernapas lele tidak bergantung pada oksigen terlarut dalam air. Dengan demikian, kondisi oksigen minimal lele dapat bertahan hidup air berlumpur tersebut.

Pemberian pupuk organik ini bertujuan untuk menyuburkan dasar kolam untuk menumbuhkan pakan alami seperti cacing dan fitoplankton. Kemudian kolam diisi air sedalam forty cm dan dibiarkan 5 – 7 hari supaya pakan alami tumbuh. Selain itu hal ini juga bertujuan supaya suhu dan pH air kolam stabil serta oksigennya cukup. Banyaknya minat masyarakat terhadap ikan bertubuh licin dan memiliki “kumis” pajang yang ada pada mulutnya ini, menjadikan budidaya ikan lele menjadi sangat menguntungkan. Selain itu, permintaan akan ikan lele dipasaran kian hari semakin meningkat, sedangkan produksi ikan lele terbilang belum stabil. Maka tak jarang, usaha budidaya lele kerap kali menjadi daya tarik bagi pembudidaya pemula.

Pastikan cacing yang digunakan sebagai pakan lele harus dibersihkan terlebih dahulu sehingga bersih dari berbagai bakteri pathogen yang ada didalamnya. Jika anda membutuhkan benih ikan cairan tawar mempunyai nilai dan telah teruji, kami dengan senang hati dapat membantu. Benih lele yang baru ditebar ke kolam sebaiknya disterilkan terlebih dulu.

Bagaimana cara berternak lele

Pengawasan juga dilakukan terhadap kondisi air kolam dan kondisi kesehatan ikan lele. Apabila ada ikan lele yang sudah terserang penyakit, segera pisahkan dari kolam untuk diobati. Jika benih tersebut tidak tertolong, segera kubur agar penyakit tidak semakin menyebar. Pemilihan benih jug asangat perlu di perhatikan karena akan berakibat pada ikan lele yang di hasilkan nantinya.

Lele Sangkuriang dari sejarahnya memiliki peran yang sangat diunggulkan pada masa dulu dan sampai saat ini masih digemari oleh konsumen. Anda membutuhkan waktu panen kisaran three bulan untuk ukuran yang umum, memang tergolong singkat singkat dibandingkan dengan jenis ikan dumbo. Untuk Kong4D pemberian pakan ikan umur ±13 hari ke atas lebih baik menggunakan pelet. Ada banyak macam merk pelet yang bisa di gunakan sebagai pakan. Dan ketika melakukan penebaran benih ikan, lakukan secara perlahan agar benih ikan tidak mengalami stres yang berlebihan yang dapat menyebabkan kematian.

Comments are closed.