Anak Pemarah? Ini Cara Ajarkan Mengendalikan Emosi

Written by Dagum on June 18, 2020 in Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap with no comments.

Masa bodoh semacam itu, merembes kepada kurang diperhatikannya perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan Islam. Memang, para ilmu pengetahuan terkadang berlomba untuk ikut pula mendapatkan perhatian penguasa, ujung-ujung jabatan. Terjemahan ilmu pengetahuan asing/Yunani ke dalam bahasa Arab paling awal baru fokus pada tiga bidang ilmu pengetahuan, yakni, ilmu perbintangan, kimia dan kedokteran. Kecenderungan ini berakhir hingga paruh kedua abad ke Sembilan, ketika dua orang penerjemah terkenal, yaitu, Yahya ibnu ‘Adi (w.974) dan Abu ‘Ali ibnu Ishaq ibnu Zera (w.1008) telah tampil pada waktu itu. Yahya ibnu ‘Adi dalam hal ini, tidak hanya memperbaiki banyak hasil terjemahan tetapi juga menulis ulasan pada hasil karya Aristoteles, yaitu, pembagian, Sophistic, Puisi, dan Metafisika, ia juga mengulas karangan Plato, seperti, Timeus dan Hukum. Dia juga seorang ahli ilmu logika terkenal yang telah menterjemahkan buku Prolegomena Ammonius dan pengantar untuk karya Porphyry yang berjudul, “Isagoge”.

kemudian mendirikan pula Scientific Society, mendirikan lembaga pendidikan yang di dalamnya ilmu pengetahuan umum. Itulah beberapa orang tokoh pembaharuan yang banyak mengadopsi tata cara dan pengetahuan yang datang dari Barat. Mereka juga berpendapat bahwa apa yang dicapai oleh bangsa-bangsa Barat sekarang tidak lain adalah merupakan pengembangan dari ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang pernah berkembang di dunia Islam. Atas dasar demikian maka untuk mengembalikan kekuatan dan kejayaan umat Islam, sumber keekuatan dan kesejahteraan tersebut harus dikuasai kembali.

Pendirian Madrasah Nizamiyah, di samping issue pendidikan, juga dilatarbelakangi factor politik. seperti diketahui, sebelum Seljuq berkuasa Abbasiyah sedang dikuasai Buwaih. Dinasti ini menganut aliran Syi’ah dan mereka berusaha menanamkan pengaruh aliran itu ke tengah-tengah masyarakat melalaui propaganda aktivitas pendidikan.

Di saat sekarang ini kebersamaa orang tua dan anak menjadi sedikit sekali karena alasan pekerjaan. Akibatnya anak merasa seperti diabaikan dan tidak ada yang mendengarkannya. Karena bisa saja anak ingin didengarkan oleh orang tua karena anak ingin bercerita. Cobalah untuk mengatasi hal ini dengan mengajak anak berbicara apa aja kegiatannya seharian ini sambil mendengarkan anak bercerita dengan baik.

Tetap ada manfaatnya, tapi tidak terlalu signifikan untuk diabetesi. Saat kamu menangis terus kamu melakukan aktivitas, hal tersebut akan membantu kamu mengurangi fokus galau kamu. Fokus galau itu akan terpecah oleh aktivitas asyik dan aneh yang jarang kamu lakukan. Syaikh Abdullah Ahmad tahun 1907 di Padang Panjang mendirikan Adabiyah School namun belum genap setahun gagal berkembang dan pindah ke Padang.

Bisa juga anda minta bantuan orang di sekitar anda, suami, istri, anak anda, pegawai, dan orang di sekitar anda, agar mereka segera mengingatkan anda dengan janji-janji di atas, ketika anda sedang marah. Oleh karena itu, untuk mendisiplinkan anak, jangan memukul atau menyakiti anak secara fisik. Nah, jika si kecil masih belum mematuhi perintah, coba untuk memberi peringatan lagi dengan sikap yang tegas tanpa meneriaki atau membentak anak.4. Ini karena anak-anak memang sedang belajar soal batasan perilaku, mana yang diperbolehkan orangtua dan mana yang akan dilarang. Ya, rasa takut bisa membuat orangtua spontan berteriak atau bahkan memukul anak.

Cara  mengkontrol emosi kepada anak

Pada periode ini bayi masih sangat bergantung pada orang tua/pengasuh untuk menangani emosi yang sedang dirasakan. Dengan cara menenangkan bayi maka orang tua/pengasuh membantu mereka untuk mengatur emosi yang sedang dirasakan. Orang tua/pengasuh dapat memberikan ketenangan dengan cara mengangkat mereka ke bahu, memberikan belaian lembut, atau berbicara secara lembut. Dengan memberikan ketenangan maka secara tidak langsung orang tua/pengasuh membantu bayi untuk mengembangkan rasa percaya dan meningkatkan kelekatan dengan mereka. Pada masa perkembangan, anak-anak cenderung menirukan apa yang dilakukan oleh sekelilingnya, termasuk orang tua. Ketika keinginan tersebut terhalang, anak cenderung protes dan frustasi, mengungkapkannya melalui Tantrum.

Setelah itu, sarjana Arab mengasimilasi semua ilmu pengetahuan tersebut dan mengilhaminya dengan nilai-nilai Islam. Bahkan, Islam kemudian menghilangkan banyak sifat asli, semangat padang pasir dan membubuhkan semangat nasionalis Arab. Demikian itu, sampai sekarang masih tetap dipergunakan untuk menjadi sebagai sebuah petunjuk dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk masa depan. Meskipun begitu, beberapa filosof Muslim telah melupakan ide ‘Islamisasi’ filsafat Yunani dan mengambilnya sebagai mana adanya dengan tanpa menyaring ide-ide tersebut terlebih dahulu. Sekolah Aristoteles Arab, sebagai contoh mereka menerima ajaran Aristoteles bahkan ketika terjadi konflik dengan pernyataan hafiah al-Qur’an.

Terkadang, Anda memerlukan perspektif orang lain sebelum mengambil suatu tindakan atau untuk lebih memahami diri sendiri. Anda dapat melakukan konseling dengan terapis, psikolog, atau psikiater agar kemarahan Anda yang berlebih bisa teratasi. Tarik napaslah yang dalam dan lambat dari hidung dan keluarkan dari mulut untuk beberapa saat. Dengan menarik napas dalam dan lambat, diharapkan kemarahan Anda dapat mereda.

Cara ini efektif untuk meredakan situasi dan membuat situasi menjadi tenang dan terkontrol kembali. Dengan konsisten melakukan beberapa hal ini, anak akan terstimulus melakukan beragam kegiatan tersebut jika dewasa. Sang buah hati pun bakal lebih memahami perasaan orang lain saat sedih, senang, atau marah. Untuk mengendalikan emosi anak 2 tahun, Ibu bisa melakukan beberapa trik mudah berikut ini. Berbicara adalah cara yang tepat untuk menghilangkan perasaan marah dan frustrasi.

Comments are closed.