Anak Kecanduan Gadget? Jangan Panik, Bu! Atasi Dengan Tip Ampuh Dari Pakar

Written by Dagum on June 22, 2020 in Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap with no comments.

Jakarta – Beragam gadget lazim kini digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Anak, terutama yang sedang tumbuh, pun bisa terimbas secara negatif. Cara-cara ini pun bisa coba dilakukan agar anak terhindar dari kecanduan gadget. Libatkan anak-anak dalam kegiatan yang mengharuskan mereka meninggalkan ponsel atau gadget lainnya.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Gunakan juga aplikasi yang dikembangkan untuk orangtua memantau berapa lama anak menggunakan gadget dan melakukan apa saja dengan gadget-nya. Ia menuturkan, anak-anaknya hanya menatap layar saat kegiatan belajar mengajar daring. Sehingga, display time dapat dikurangi usai proses belajar daring. LENGKONG, AYOBANDUNG.COM– Kegiatan anak di masa pandemi Covid-19 ini banyak dilakukan secara daring. Hal ini menjadikan perilaku anak berubah dengan banyaknya display time . Orang tua sebaiknya menguasai cara mengoperasikan alat elektronik yang akan dipakai anak.

Untuk itu kami menghadirkan solusi bagi orang tua sebagai jembatan memperkenalkan nilai-nilai islami,” jelas co-Founder Agate, Wiradeva Arif Kristawarman. Anak sulit lepas dari gadgetnya karena mereka menemukan suatu permainan yang menyenangkan di dalamnya. Maka, untuk mengalihkan perhatiannya darigadget, orang tua harus mampu menemukan permainan lain yang tidak berkaitan dengan elektronik. Selain itu, pastikan anak menggunakan gadget dengan posisi yang tepat, pencahayaan cukup dan tidak terlalu dekat sehinga tidak merusak mata. Untuk menjaga kesehatan, anak juga dianjurkan tetap bergerak, minum dan makan.

Memberikan contoh kepada anak tentu harus dimulai dari orang tua. Cobalah untuk mengurangi penggunaan gadget di depan anak, sehingga ia akan berpikir bahwa tidak baik jika menggunakan gadget dalam waktu yang lama. Hal ini harus dilakukan orangtua, karena selain mengenalkan etika dunia maya, etika di rumah pun perlu diajarkan. Seperti tidak sibuk bermedsos di depan anak, jangan makan sambil major ponsel, atau mengunci gadget. Mainan alternatif juga bisa menjadi sebuah cara mengatasi kecanduan gadget pada anak yang penting untuk dilakukan. Kecanduan gadget bisa dicegah, selama orangtua aktif dalam membatasi dan mengatur penggunaan gadget pada anak.

Untuk itu, buatlah aturan penggunaan gadget pada anak, mulai dari waktu bermain, durasi bermain, tempat bermain, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anak-anak akan tahu beragam kegiatan lain yang seru selain bermain gadget. Sebagai pengganti gadget, kita bisa mengajak anak untuk beraktivitas yang lebih menyenangkan. Selanjutnya membatasi ruang penggunaan gagdet, seperti space kamar tidur merupakan space yang harus bebas dari penggunaan gadget agar kita lebih mudah untuk mengontrolnya.

Jangan membiarkan anak bisa mengakses semua menu dan fitur yang ada di gawai. Misal untuk media sosial, batasi penggunaannya yang menurut Parent Pinters paling aman untuk si kecil. Jika ingin bermain recreation, pilihkan jenis game yang aman dan edukatif. Batasi akses play retailer yang memungkinkan anak mengundung aplikasi apa saja, buat kesepakatan dengan anak. Selain itu, Kids Space juga bisa mencegah anak melakukan pembelian item di dalam recreation atau aplikasi yang sedang mereka gunakan. Bahkan yang lebih canggihnya lagi, orang tua bisa membatasi penggunaan kuota internet dengan fitur Kids Space ini gaes.

Comments are closed.