9 Ideas Dan Cara Agar Anak Cepat Tidur

Written by Dagum on June 14, 2020 in Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap with no comments.

Bacakan 2-3 buku cerita pendek dengan nada yang menenangkan, namun tetap menyenangkan. Kebiasaan mendongeng tidak hanya membuat si kecil merasa tenang sebelum tidur, namun sekaligus merangsang imajinasi dan kreativitas anak. Nasi biasanya tidak disarankan untuk makan malam karena membuat perut terlalu kenyang. Tapi jika Anda menghadapi masalah dengan pola tidur anak-anak, jangan ragu untuk menambahkan sebagian nasi ke piring makan anak. Luangkan waktu untuk persiapan tidur selama ninety menit sebelum waktu tidur anak. Lambat laun, sleep hygiene membantu mengurangi macam-macam akibat negatif dari kurang tidur.

Aktivitas bernyanyi ini bisa Bunda lakukan setelah mandi sore dan makan malam. Bunda bisa mengajaknya menari sambil memutar lagu favoritnya. Kemudian, lanjutkan dengan bermain cilukba dan biarkan bayi tertawa. Melakukan kegiatan yang berenergi seperti ini bisa membuat si kecil jadi lebih siap untuk tidur malam, lho.

Dengan keadaan lelah, pasti anak akan lebih mudah tidur siang. Untuk itu, orangtua perlu membentuk pola tidur Si Kecil agar bayi tidur nyenyak secara bertahap. Jika anak masih belum bisa tidur nyenyak, Anda dapat melakukan sesuatu yang membuatnya mengantuk seperti membacakan buku cerita yang mungkin terlihat membosankan. Jika ia masih belum tertidur dalam menit, Anda dapat mengulanginya. Anak butuh tidur siang untuk bantu mencukupi kebutuhan waktu tidurnya dalam sehari. Namun Anda harus hati-hati dalam mengatur lama waktunya, karena kalau anak tidur siang kelamaan ia akan merasa lebih segar di malam hari dan akhirnya sulit tidur.

Sebelum tidur, pastikan suhu udara pas, sehingga bayi nyaman untuk tidur. Selain bermanfaat untuk kekebalan tubuh, hormon ini juga membantu bayi untuk tidur. Berikan anak Anda selimut dan boneka favoritnya di dekat tempat tidurnya agar ia merasa nyaman. Pelukan dari Anda juga dapat membuatnya merasa aman dan tenang. Jika si Kecil tak juga mau berhenti bergerak, cobalah untuk membiarkan mereka sendirian sekitar 5-10 menit.

ASI adalah terbaik bagi buah hati, Bebeclub sangat mendukung pemberian ASI. Saat Anda menyusui, harap memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Penggunaan susu method harus sesuai dengan petunjuk dan dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Jika sulit tidur disebabkan kondisi kesehatan si Kecil yang menurun, sebaiknya Ibu periksakan ke dokter ya. Bila dibiarkan, kondisi sulit tidur justru akan memperlambat kesembuhannya.

Akibatnya, ia akan ketinggalan banyak informasi penting seputar mata pelajarannya. Kurang tidur juga telah sejak lama dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan serius untuk anak di masa depannya, mulai dari obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Apabila Anda tidak mau si kecil berurusan dengan berbagai konsekuensi negatif di atas, mulai ajarkan dirinya teknik tidur nyenyak yang dinamakan sleep hygiene. Sama halnya dengan orang dewasa, istirahat yang cukup bisa membuat bayi tumbuh sehat dan gemuk. Jadi berikan waktu tidur yang cukup supaya tumbuh kembang bayi tidak terganggu.

Penelitian mengungkapkan jika membacakan dongeng bisa meningkatkan kualitas tidur pada anak di bawah 6 tahun. Menidurkan Si Kecil saat malam memang sering sekali jadi hal sulit untuk dilakukan ya, Bunda. Padahal, anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Coba buat semacam ritual atau rutinitas harian yang diikuti setiap malam. Jadi ketika anak sudah diarahkan untuk gosok gigi, dia akan paham bahwa urutan selanjutnya adalah bersiap untuk tidur. Intinya buat semacam serangkaian rutinitas yang perlu dilakukan sebelum tidur, seperti gosok gigi atau mematikan televisi dan berhenti bermain.

Terkadang orangtua kerap kebingungan mencari cara agar bayi cepat tidur pulas. Jika bayi sulit tidur, maka kualitas tidur mereka juga akan terganggu. Selain membacakan buku cerita, kegiatan mewarnai juga ampuh dalam membuat anak tenang dan cepat terlelap lho Ma! Sifatnya yang dapat membuat pikiran tenang dirasa mampu memanfaatkan perasaan anak dan menjadi obat tidur terbaik untuk menenangkan pikiran yang cemas menghadapi malam. Bunda bisa membacakan cerita sejak dini yang akan menumbuhkan minat baca si kecil kelak, sekaligus melatihnya mengenal beberapa kosakata baru. Walau si kecil belum dapat merespon saat Bunda membacakan buku, namun kemampuan berbahasanya akan bertambah.

Tak hanya membuat suasana menjadi lebih rileks, pencahayaan yang redup membantu bayi belajar membedakan waktu siang dan malam hari. Dengan kesabaran, tentu jadwal tidur bayi bisa dibentuk oleh orang tua. Dengan memahami beberapa penyebabnya, orang tua pun bisa mencari solusi yang tepat. Seperti, ajak main si kecil ketika sore hari agar ia tak tidur terlalu cepat sehingga ketika malam hari, si kecil akan tidur dengan nyenyak.

Bagaimana cara agar anak cepat tidur

Pilihlah waktu menyusui sebelum bayi tertidur dan saat bangun tidur, sehingga saat tertidur bayi dapat terlelap dengan pulas tanpa sering terbangun karena lapar. Jauhkan komputer, ponsel, TV, dan perangkat elektronik lainnya dari kamar tidur anak. Pancaran sinar terang dari perangkat elektronik bekerja meniru sifat cahaya alami matahari. Akibatnya, jam biologis tubuh menganggap cahaya ini sebagai sinyal bahwa hari masih pagi, dan karena itu produksi melatonin jadi terganggu. Jika si Kecil terbangun di malam hari, lakukan cara yang sama . Tetap ciptakan suasana tenang dan redup agar si Kecil kembali merasa mengantuk dan segera tertidur pulas.

Comments are closed.