5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dan Pilih

Written by Dagum on June 15, 2020 in Beberapa langkah untuk menjadi orangtua yang sigap with no comments.

Memaksa atau menekannya untuk makan nasi tidak akan membantu situasi. – Jika anak tidak suka sayur tapi masih suka telur, maka Anda dapat mencampurkan sayur saat membuat telur dadar, sehingga sayurnya tidak terlihat dan anak jadi mau makan. Berikan pujian apabila dapat menghabiskan makanannya, ini untuk memotivasi anak dalam memenuhi jumlah makanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Anak yang tidak suka makan buah atau sayur dapat menyebabkan kekurangan vitamin, contohnya vitamin A.

Moms jangan kehabisan ide untuk menawarkan makanan baru dengan cara semenarik mungkin, ya. Jangan patah semangat jika buah hati tidak mau memakanannya meski Moms sudah memasaknya. Sebaiknya memberikan makan minimal three jam di antara makan untuk menimbulkan rasa lapar dan kenyang. Jadwal memberikan makan perfect per hari adalah 6-8 kali per hari berdasarkan usia. Dorong anak untuk makan secara mandiri dan biarkan anak menggunakan sendok sendiri.

Memang sih membutuhkan effort yang lumayan untuk membuat makanan menjadi semenarik ini. Ajak juga anak Anda ikut serta membuatnya agar ia senang dan jadi semangat makan. Bonusnya, bonding antara orang tua dan anak pun bisa semakin erat. Sembari memperkenalkannya pada berbagai jenis santapan, Bunda bisa memberikan vitamin untuk anak susah makan. Cara ini bisa ditempuh bila Bunda tak ingin ia kekurangan nutrisi.

Meskipun hal ini tidak umum, namun ini bisa menjadi petunjuk bahwa anak Anda memiliki alasan mengapa ia menolak makan. Menghadapi anak susah makan memang diperlukan kesabaran dan strategi tersendiri. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang tua untuk mengetahui penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya, sehingga kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi. Libatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan, misalnya dengan meminta pertolongannya untuk mengambilkan buah atau sayur di swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Bila anda mengkonsumsi makanan sehat, maka anak akan mencontoh pola makan anda sebagai orang tua.

Jika masalah susah makan terus dibiarkan akan membuat anak kekurangan gizi dan nutrisi. Pertumbuhan yang memang melambat akan semakin terhambat karena nutrisi anak tidak terpenuhi. Cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun bisa dijadikan solusinya. Sebenarnya, apa yang menyebabkan seorang anak susah untuk makan?

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Secara umum, issue penyebab seorang anak susah makan dikarenakan faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik meliputi terdapatnya gangguan di organ pencernaan maupun terdapatnya infeksi dalam tubuh anak. Faktanya, bayi kerap mengalami masalah susah makan selama masa pengenalan tersebut. Akibatnya, asupan nutrisi yang didapatkan tidak sesuai dengan kebutuhan. Kekhawatiran Ibu Super terhadap anak yang susah makan adalah terkait asupan gizi anak.

Beragam penyakit yang memengaruhi fungsi organ ginjal, hati, maupun organ lainnya bisa mengakibatkan anak susah makan. Membawa kantung belanja dan alat makan sendiri sendiri dapat mengurangi penggunaan plastik. Plastik sendiri merupakan material yang sangat sulit terurai dan dapat mencemari kualitas air dan tanah.

Sayangnya, hal tersebut secara tidak langsung justru membuat variasi makanan anak menjadi lebih terbatas, sehingga berpengaruh pada kecukupan nutrisi hariannya. Alasan utama anak tidak mau makan sama sekali biasanya karena memiliki “ketakutan” tersendiri mengenai makanan tersebut. Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Sebaiknya, hindari memberikan permen atau makanan manis bila Si Kecil dapat menghabiskan makanannya dengan baik.

Comments are closed.